Jenis dan Fungsi Sealant

0
1957
Jenis dan Fungsi Sealant
Jenis - jenis dan Fungsi Sealant

Jenis dan Fungsi Sealant ada beraneka ragam dalam dunia konstruksi yang mana dari masing-masing jenis sealant digunakan sesuai dengan kondisi serta kebutuhan penggunaannya

Sealant utamanya digunakan untuk menutup celah yang mana celah ini dibuat untuk mengakomodir pergerakan, sealant ini dapat mencegah masuknya cairan melalui celah antar bidang, sejenis seal mekanis.
Dalam konstruksi bangunan, sealant identik dengan mendempul dan juga berfungsi memblokir air, debu, suara dan transmisi panas.

Fungsi Dasar Sealant

Fungsi sealant tidak hanya untuk material bangunan seperti jendela ataupun kusen, namun sealant juga dapat digunakan pada celah expansion joint, celah panel precast, celah panel aluminium, constraction joint dan sebagainya.
Sealant sendiri memiliki beberapa fungsi dasar, di antaranya :

  1. Digunakan sebagai perekat dua permukaan atau bidang, biasanya untuk mengikat kaca atau pabel logam
  2. Mengisi celah yang ada di antara dua atau lebih sebuah bidang, yang biasanya di gunakan pada expansion dan contraction joint jalan, jembatan, lantai bidang luas seperti pabrik dan gudang, landasan pesawat, delatasi dan lainnya.
  3. Membentuk lapisan pelindung agar terhindar dari penetrasi air
  4. Mempertahakan usia serta kondisi kualitas sebuah struktur
Fungsi Sealant
Jenis dan Fungsi Sealant yang tepat sebagai pelindung kebocoran

Memilih Jenis dan Fungsi Sealant Yang Tepat

Pemilihan jenis sealant harus di sesuaikan oleh kebutuhan, perlu di waspadai beberapa produk sealant mengandung bahan yang mudah terbakar oleh karena itu penting untuk mengetahui sifat dari masing-masing jenis sealant agar tidak terjadi kesalahan dalam pemilihannya.

Sealant memiliki jenis yang beraneka ragam, hal tersebut tergantung pada bahan dasarnya. Setiap jenis sealant memiliki sifat serta fungsi yang berbeda-beda.
Selain itu, jenis sealant ini ada yang berbahan polyurethane, sealant polyurethane 2 komponen yang sering di gunakan untuk landasan pesawat, sealant berbahan bitumen (hot pured sealant), sealant berbahan polysulphida (polysulphide) yang lebih tahan perhadap tetesan bahan bakar dan minyak.

Berikut ini tiga jenis sealant yang biasa di gunakan untuk kebutuhan konstruksi bangunan:

Silicone Sealant

Silicone Sealant ini terbuat dari bahan dasar silicone polymer. Sealant jenis ini berfungsi untuk merekatkan dua permukaan antar bidang serta mengisi celah atau ruang di antara keduanya sehingga tidak bocor. Sealant jenis ini memiliki ketahanan yang baik terhadap sinar UV dan perubahan cuaca ekstrim. Biasa di aplikasikan pada kusen pintu, roofing, konstruksi kaca, jendela, partisi kamar mandi, akuarium dan bidang lainnya.

Silicon Sealant ini terbagi atas dua jenis yaitu :

Silicone Sealant Neutral/Netral, jenis sealant ini bersifat elastis, memiliki daya rekatlebih kuat dan tidak bersifat korosif. Jenis silicon ealant ini biasa di gunakan untuk keperluan eksternal.

Silicone Sealant Acetic/Asam, untuk jenis sealant yang ini memiliki kelebihan seperti bersifat fleksibel, lebih cepat kering dan daya rekat cukup kuat, namun yang perlu di perhatikan adalah jenis sealant ini lebih bersifat korosif pada material tertentu dan memiliki bau yang kuat, karena mengandung zat bersifat asam.

Adhesive Produk

Adhesive merupakan sealant yang berfungsi untuk menyambungkan dua material sejenis ataupun berbeda jenis. Jenis sealant ini lebih cepat kering kurang lebih dalam waktu 3 menit, Bersifat cair serta tidak berwarna. Sealant jenis ini dapat di gunakan pada sistem perairan yang bertekanan tinggi karena tidak mudah larut dalam air serta anti bocor.

Jenis dan Fungsi Sealant pelindung kebocoran
Jenis dan Fungsi Sealant yang tepat sebagai pelindung kebocoran

Hybrid Sealant

Hybrid merupakan salah satu jenis sealant yang ramah lingkungan yang di hasilkan dari kombinasi sifat-sifat terbaik silicone sealant dan urethane sealant. Jenis sealant ini memiliki daya tahan yang tinggi serta mampu melekat dengan kuat ke seluruh jenis bidang. Jenis sealant hybrid ini tidak memiliki bau, tahan terhadap sinar UV dan kondisi suhu ekstrim serta memiliki stabilitas warna tetap terjaga dan cepat kering.

Acrylic Sealant

Sealant berjenis acrylic ini terbuat dari asam akrilat yang memiliki sifat tidak elastis. Sealant jenis ini lebih cepat kering dengan bantuan udara pada temperatur kamar. Tidak hanya itu sealant jenis ini cocok untuk mengisi dan menambal celah atau sambungan yang mengalami pergeseran dan pergerakan kecil.

Acrylic Sealant ini biasa di aplikasikan pada bagian external dan internal karena memiliki daya tahan yang sangat baik terhadap panas, hujan dan sinar UV serta tahan terhadap korosi .

Baca juga mengenai Injeksi Beton Bocor

Jasa Pemasangan Sealant

Percayakan pekerjaan pemasangan Sealant atau yang lainnya hanya pada penyedia jasa aplikator / kontraktor profesional dan terpercaya.

PT. Alpha Tunas Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang General Kontraktor yang sudah tidak di ragukan lagi kualitas pekerjaanya. Telah bekerja sama dengan banyak perusahaan dan di kerjakan oleh sumber daya manusia yang berkompeten, menjadikan PT. Alpha Tunas Mandiri pilihan terbaik untuk Pemasangan Sealant pada Bangunan ataupun Gedung.

Untuk informasi mengenai jasa pemasangan sealant silahkan hubungi kami melalui email alphatunasmandiri@gmail.com atau HOTLINE kami.