Metode Injeksi Epoxy Pada Beton Retak

0
2833
Jasa Injeksi Epoxy Beton Retak
Jasa Injeksi Epoxy Beton Retak

Metode injeksi epoxy pada beton retak merupakan penanganan yang umum di gunakan oleh para aplikator untuk memperbaiki formasi pada struktur beton yang berongga dengan celah besar atau beton yang di gunakan untuk dudukan beban berat.

Dalam pengaplikasiannya, injeksi epoxy menggunakan bahan epoxy resin dengan metode tekanan rendah dan perlahan. Pemilihan material pada injeksi epoxy juga harus di sesuaikan dengan kondisi struktur betonnya hal tersebut karena berbeda kondisi struktur beton maka akan berbeda pula material yang di gunakan.

Bagaimana Metode Injeksi Epoxy ?

Pengerjaan Injeksi Epoxy
Pengerjaan Injeksi Epoxy Area Basement

Injeksi sendiri merupakan proses memasukan material ke dalam celah atau rongga pada beton dengan dibantu oleh tekanan. Teknik tersebut bertujuan untuk mengisi rongga atau celah retakan yang ada pada struktur beton.

Dengan tahap-tahap sebagai berikut :

  1. Persiapan Area, persiapan area dapat dilakukan pembersihan area kerja dengan menyingkirkan benda – benda yang dapat menghalangi untuk menjangkau beton. Setelah area siap untuk dieksekusi, di lanjutkan dengan memberi tanda garis atau marking area hal tersebut sangat berguna sebagai patokan dalam injeksi epoxy.
  2. Di tahap kedua yang erlu di siapkan adalah peralatan injeksi seperti nepel, mesin kompresor, tabung dan lainya. Nepel adalah semacam fitting pipa berbentuk T dan di gunakan untuk mengarahkan beton segar ke dalam celah retakan. Yang selanjutnya perlu menginstalasi selang penghubung antara tiap nepel dan juga dengan tabung beton.

Dalam pengaplikasian nepel harus menempatkannya di tengah ruas retakan. Umumnya tiap 20 cm terdapat nepel pada jalur retakan. Hal tersebut bertujuan agar beton segar yang masuk dari setiap titik saling menyatu dan solid.

Selanjutnya agar nepel dapat menempel di gunakan perekat dari bahan epoxy adhesive. terakhir setelah nepel di tempelkan juga perlu menutup semua ruas retakan menggunakan bahan epoxy adhesive agar saat beton segar mulai di suntikan tidak meleber.

Metode Injeksi Epoxy
Metode Injeksi Epoxy Untuk Beton Retak

3. Pada proses selanjutnya yaitu penyuntikan beton. Pada tahap ini di lakukan dengan memanfaatkan tekanan dari mesin kompresor. Tekanan ini mengarah pada tabung adukan beton. Barulah kemudian beton segar terdorong melalui selang dan akhirnya masuk ke celah retakan melalui nepel.

Dalam tahap ini tekanan yang di butuhkan adalah tekanan yang rendah, tekanan tersebut sudah cukup untuk mendorong beton juga baik untuk mengeluarkan kadar udara di dalam celah.

Pada tahap ini pastikan semua ruas retakan sudah penuh oleh beton segar. Setelah proses injeksi selesai selang sudah bisa di bongkar. Sedangkan lubang penghubung selang pada nepel di tutup. nepel belum boleh di lepas sampai dengan beton mengeras umumnya.

Lalu, Di mana Area Kerja Injeksi Epoksi ?

Untuk area pengerjaan injeksi epoxy dapat dikerjakan pada :

  • Beton pile
  • Basement
  • Jetty Dermaga
  • Bendungan
  • Terowongan
  • dan area lainnya

Baca juga : Jasa Dekorasi Lantai Metalik

Jasa Injeksi Epoxy Murah

Dapatkan penawaran harga menarik dari kami dengan menguhubungi HOTLINE KAMI.