Pasang Firestop Untuk Area Shaft

0
1513
Pasang firestop untuk area shaft
Fungsi pemasangan firestop pada gedung

Tujuan Pasang firestop untuk area shaft adalah sebagai pencegahan dan penghambat proses penyebaran api pada saat kebakaran. Selain itu, memasang firestop di area shaft juga berhubungan dengan upaya preventif musibah kebakaran yang dapat terjadi kapan saja.

Apa definisi firestop ? Definisi firestop yaitu sistem proteksi kebakaran yang menggunakan berbagai komponen, guna menutup bukaan antar ruang atau sendi pada dinding ataupun lantai pada bangunan. Lalu, bagaimana mekanisme firestop? Mekanisme cara kerja firestop dibuat untuk mencegah penyebaran api melalui cara mengisi bagian dari sebuah bangunan contohnya seperti area shaft dengan bahan yang tahan api.

Lubang shaft di sebuah bangunan sendiri biasanya berguna untuk menyediakan ruang instalasi kabel listrik atau jaringan, pipa plumbing dan lainnya. Pada sebuah bangunan,  lubang shaft berguna untuk menyediana ruang instalasi jaringan atau kabel listrik, pipa plumbing dan lainnya. Area lubang shaft ini sengaja tidak dicor untuk menghindari pekerjaan bobobkan jika dibutuhkan pekerjaan tambahan seperti instalasi kabel ataupun pipa di kemudian hari.


Tujuan Pemasangan Firestop Untuk Area Shaft

Pasang firestop untuk area shaft gedung
Pemasangan Firestop Pada Shaft


Ada beberapa tujuan dari pemasangan firestop pada gedung yaitu :

  • Menghambat dan mencegah proses penyebaran api ketika kebakaran
  • Memberikan tambahan waktu evakuasi penghuni gedung
  • Melakolisasi api pada dinding antar ruangan ataupun antar lantai
  • Mencegah kerusakan pada kabel yang di sebabkan oleh serangga atau air
  • Memberi perlindungan pada struktur beton dari sifat dehidrasi pada saat kebakaran ( khusus untuk jenis mandolite dan structural coating yang diaplikasikan pada permukaan beton )

Firestop memiliki banyak jenis di antaranya yaitu Firestop Coating, Firestop Mortar (spray), dan Firestop Foam. Pada umumnya, area pengaplikasin firestop yakni area dinding, lantai dan plate deck biasanya menggunakan jenis firestop dengan sistem spray sedangkan untuk celah, shaft atau lubang biasa menggunakan jenis firestop coating, foam, mortar atau lainya.

Ketika memilih ataupun menentukan jenis firestop yang akan di gunakan harus menyesuaikan dengan kebutuhan fire rate atau ketahanan waktu terpapar api dan tergantung dimensi atau ukuran celah bagian gedung yang akan di lindungi.

Baca juga mengenai : Biaya Pasang Waterproofing Membrane


Area pemasangan firestop

Pasang firestop untuk area shaft bangunan
Pentingnya Firestop Gedung

Pemasangan firestop umumnya pada area celah, shaft serta opening pada dinding dan plate deck. Sedangkan area bangunan yang wajib di pasang firestop yaitu :

  • Ruang server pada hotel, gedung perkantoran, apartemen, dan pusat perbelanja
  • Ruang genset pada hotel, gedung perkantoran, apartemen, dan pusat perbelanjaan
  • Dinding, kolom dan tiang struktur pabrik, gudang, gedung berstruktur baja
  • Untuk pemasangan firestop pada shaf biasa menggunakan jenis firestop

Hal tersebut karena ruang yang di sebutkan di atas merupakan ruang yang rawan terjadi kebakaran sehingga sangat perlu di pasang firestop di ruang tersebut

Jasa Pasang Firestop Pada Shaf

Percayakan pemasangan firestop pada shaft hanya pada PT Alpha Tunas Mandiri, Memberikan penawaran harga terbaik dan menjamin hasil kerja yang berkualitas.

Hubungi HOTLINE atau Email : alphatunasmandiri@gmail.com kami untuk penjelasan lebih lanjut.


Temukan Kami di sosial media :