Waterproofing Membrane

0
2345
Waterproofing Membran untuk melindungi beton dari kebocoran
Waterproofing Membran untuk melindungi beton dari kebocoran

Waterproofing Membrane adalah jenis waterproofing pelapis kedap air untuk struktur beton menggunakan material waterproof atau material kedap air berbentuk lembaran dan digunakan pada area atap dak, basement, kolam renang, dan yang lainnya.

Apa Jenis-Jenis dari Waterproofing Membrane ?

Waterproofing membrane di bagi menjadi 3 jenis yaitu membrane bakar, membrane tempel, dan membrane PVC, berikut penjelasan selengkapnya :

  1. Membran Bakar, metode ini menggunakan bahan material lembaran terbuat dari modified bitumen yang di perkuat dengan serat non woven polyester, di gelar pada permukaan beton. Membrane Bakar biasa di gunakan pada atap, balkon, dan yang lainnya.

Kelebihan Menggunakan Waterproofing Membran Bakar :

  • Memiliki ketahanan terhadap perubahan cuaca
  • Tidak terpengaruh terhadap kelembapan
  • Proses pengerjaan atau pengaplikasian melalui proses bakar
Waterproofing Membrane
Waterproofing Membran untuk melindungi beton dari kebocoran

2. Membran Tempel, metode ini menggunakan bahan material lembaran yang memiliki bahan dasar bitumen atau aspal dengan polimer yang di lapisi HDPE ( high density polyethylene ), memiliki daya tarikan yang kuat serta kelenturanya dapat melebili 100% ( tergantung pada merk ). Membrane Tempel dapat di gunakan pada atap tertutup ataupun terbuka.

Kelebihan Menggunakan Waterproofing Membran Tempel :

  • Mudah di pasang
  • Memiliki Flexibilitas yang tinggi
  • Memiliki daya tahan yang kuat terhadap bahan kimia dan ultra-violet.
  • Materialnya tidak mudah robek
Waterproofing Membrane untuk perlindungan kebocoran
Waterproofing Pelindung kebocoran

Metode kerja atau cara pengerjaan :

  • Terlebih dahulu membersihkan permukaan struktur beton yang akan dilapisi oleh waterproofing membrane. Maka dari itu pembersihannya bisa memakai mesin gerindra. Lalu permukaan beton wajib dipastikan sudah benar-benar bersih.
  • Menerapkan pelapis primer atau primer coating waterbast di permukaan beton.
  • Primer coating harus benar-benar menutup semua permukaan
  • Pasangkan membran waterproofing pada seluruh permukaan beton dengan sambungan overlap dengan ukuran kurang lebih 10 cm.
  • Tes rendam atau penggenangan udara selama 1×24 jam dalam kasus pekerjaan penahan dinding seperti ini tidak perlu di tes rendam.
  • Apabila tes rendam sudah dikerjakan dan tidak berkurangnya ketinggian udara, maka dapat dipastikan tidak akan terjadi kebocoran.

3. Membrane PVC Atau PVC Membrane
PVC Membrane adalah jenis lapisan waterproofing berbentuk lembaran berbahan dasar PVC yang tahan terhadap sinar uv ( Matahari) dan tahan aktifitas mekanis, proses pekerjaannya dilakukan dengan adhesive dan atau dengan mekanis yaitu penjangkaran dengan menggunakan baut.

Sambungan pada material jenis PVC Membrane di lakukan dengan metode hot welding sehingga kelemahan yang sering terjadi pada sambungan dapat di hindari. Jenis Waterproofing ini lebih baik dan sangat di sarankan dari pada membrane bakar dan membrane tempel.

Baca juga mengenai Harga Pekerjaan Waterproofing

Jasa Waterproofing Membrane

Percayakan pekerjaan perbaikan beton bocor, perbaikan beton retak, injeksi beton atau yang lainnya hanya pada penyedia jasa aplikator / kontraktor profesional dan terpercaya.

PT Alpha Tunas Mandiri sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang general kontraktor khususnya sebagai spesialis waterproofing membrane. Tidak perlu diragukan lagi untuk kualitas dari pekerjaan kami. Di samping itu, kami sudah bekerja sama dengan berbagai jenis pekerjaan. Kami memiliki sumber daya atau tenaga ahli yang berpengalaman dan profesional, sehingga hasil akhir pekerjaannya akan memberikan kepuasan kepada klien.

Untuk informasi mengenai jasa waterproofing membrane silahkan hubungi kami melalui email alphatunasmandiri@gmail.com atau HOTLINE kami.